Laman

Macrodontia


Defenisi
Macrodontia adalah gigi yang memiliki ukuran lebih besar dari normal. Kelainan ini bisa mengenai semua gigi atau hanya beberapa gigi saja. Macrodontia total yang meliputi seluruh gigi sangat jarang terjadi, biasanya hanya satu gigi saja yang mengalami kelainan ini. Macrodontia lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan.

Penyebab
Macrodontia dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang saling mempengaruhi.
Macrodontia yang mengenai seluruh gigi dapat terjadi pada kelainan pituitary gigantism, yaitu suatu kelainan yang disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan hormonal.
Macrodontia yang hanya mengenai gigi tertentu saja (macrodontia lokal) kadang ditemukan pada kelainan unilateral facial hyperplasia yang menyebabkan perkembangan benih gigi yang berlebihan. Selain itu, macrodontia juga dapat berhubungan dengan beberapa penyakit yang diturunkan.

Gejala Klinis
Ukuran gigi tampak lebih besar daripada gigi normal.
Macrodontia merupakan kelainan yang cukup jarang ditemukan pada gigi permanen. Biasanya mengenai gigi molar tiga rahang bawah dan premolar dua rahang bawah, serta insisif sentral rahang atas.

Perawatan
Perawatan kasus ini akan dilakukan bila besarnya ukuran gigi menyebabkan keluhan, misalnya gigi yang berjejal atau faktor estetis yang berkurang. Perawatan kelainan ini biasanya meliputi perbaikan ukuran gigi dengan cara mengecilkan gigi yang mengalami makrodontia. Bila tidak mungkin dilakukan perbaikan dan dapat menimbulkan kelainan lainnya, maka dapat dilakukan pencabutan dan dibuatkan gigi tiruan.
Segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi Anda bila Anda memiliki kelainan ini.