Laman

Microdontia


Defenisi
Microdontia adalah gigi yang memiliki ukuran lebih kecil dari normal. Microdontia lokal yang hanya mengenai satu atau beberapa gigi lebih sering ditemui daripada yang mengenai seluruh gigi. Kelainan ini lebih sering terjadi pada gigi-gigi permanen dibandingkan gigi-gigi sulung. Selain itu juga lebih sering terjadi pada perempuan daripada laki-laki. Microdontia lebih sering terjadi pada gigi insisif dua rahang atas dan gigi molar tiga rahang atas.

Penyebab
Kelainan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor. Microdontia yang mengenai seluruh gigi jarang terjadi dan bisa ditemukan pada kelainan yang diturunkan dari orangtua (congenital hypopituitarism). Selain itu bisa juga disebabkan karena adanya radiasi atau perawatan kemoterapi saat pembentukan gigi.
Microdontia lokal diduga disebabkan oleh adanya mutasi pada gen tertentu.
Kelainan ini juga bisa merupakan bagian dari sindroma tertentu (penyakit yang terdiri dari beberapa gejala yang timbul bersama-sama), seperti sindroma trisomy 21 atau sindroma ectodermal dysplasia. Selain itu microdontia juga sering ditemui pada kelainan cleft lip and palate (bibir sumbing dan celah pada langit-langit rongga mulut).

Gejala
Mahkota gigi yang mengalami microdontia tampak lebih kecil daripada ukuran yang normal. Gigi tersebut dapat berbentuk kerucut atau sama seperti gigi normal hanya dengan ukuran yang lebih kecil.

Perawatan
Perawatan microdontia biasanya meliputi pemberian restorasi estetik untuk memperbaiki bentuk dan ukuran gigi, misalnya dengan pemasangan mahkota tiruan (crown) atau dengan penambalan. Juga bisa dilakukan perawatan orthodonti (pemakaian kawat gigi) untuk merapatkan ruangan antar gigi-geligi bila diperlukan.
Lakukan konsultasi dengan dokter gigi Anda untuk mendapatkan perawatan yang sesuai bila gigi Anda memiliki kelainan ini.