Laman

Leukoedema


Definisi
Leukoedema adalah perubahan mukosa yang umum, yang  dapat dikatakan lebih mewakili variasi kondisi normal daripada perubahan patologis sejati. Kondisi ini jauh lebih sering terjadi pada orang kulit hitam dibandingkan kulit putih, yaitu dilaporkan terjadi 90 % pada orang dewasa kulit hitam sedangkan pada orang kulit putih insidensnya sangat bervariasi (10-90%). Variasi ini mungkin disebabkan karena sulitnya mengobservasi leukoedema pada mukosa yang tidak terpigmentasi.
Perubahan edematosa serupa juga dilaporkan pada permukaan mukosa lainnya seperti vagina dan larynx. Leukoedema lebih nyata pada perokok.
Kondisi ini adalah variasi normal, jadi bukan suatu penyakit yang membahayakan.
Gambaran Klinis
Leukoedema tampak sebagai diskolorasi (perubahan warna) mukosa menjadi tampak keputihan, diffuse, dan filmy (seperti lapisan film), dengan banyak lipatan-lipatan permukaan yang diakibatkan mengkerutnya mukosa. Lesi tidak dapat dikelupas, dan menghilang atau memudar saat mukosa diregangkan.
Leukoedema paling sering terjadi di mukosa bukal (pipi bagian dalam) secara bilateral (kanan dan kiri), dan kadang-kadang dapat ditemui pada mukosa labial (jaringan lunak bibir), palatum (langit-langit) lunak, dan dasar mulut.

Pemeriksaan mikroskopis
Pemeriksaan mikroskopis memperlihatkan penebalan epitel, dengan edema intraseluler yang signifikan pada stratum spinosum. Permukaan epitel dapat menunjukkan penebalan lapisan parakeratin.
Perawatan
Tidak ada perawatan yang diindikasikan karena kondisi ini adalah variasi normal. Tidak ada laporan tentang leukoedema yang berubah ke arah keganasan.