Laman

Multi Level Marketing Palsu

Seperti janji saya pada artikel Multi Level Marketing Yang Benar ,pada kesempatan ini saya sedikit berbagi tentang marketing plan MLM yang benar.
MLM adalah perusahaan distribusi ,tugas utama adalah membuat jaringan distribusi atau konsumsi produk.
Omset diciptakan dari pemakaian pribadi dan penjualan produk secara group, setelah ada omset tiap bulan maka bonus diperhitungkan sesuai dengan prestasinya.
Akhir-akhir ini seiring perkembangan usaha MLM di tanah air ,banyak sekali peusahaan MLM palsu yang bermunculan, Kalau dipelajari secara teliti usaha MLM adalah usaha yang sangat bagus untuk dijalankan pada jaman globalisasi ini ,kalau kita bisa membedakan mana MLM yang benar dan yang palsu.
Namun tidak sedikit orang yang trauma pada usaha MLM akibat salah memilih marketing plan.

Berikut adalah sistem marketing plan atau perusahaan MLM palsu yang perlu di hindari :

1. Sistem Piramida
Dalam sistem piramida ,kewajiban merekrut adalah peraturan paling utama.
Untuk mendapatkan penghasilan atau bonus dari sistem piramida ini anda harus merekrut orang untuk bergabung dan orang yang anda rekrut juga harus merekrut lagi, merekrut dan merekrut lagi ,karena disinilah letak penghasilan dari sistem ini, jika tidak bisa merekrut maka tidak akan mendapat penghasilan.
Sistem piramida adalah sistem ilegal dimana banyak orang yang berada pada lapisan terbawah membayar sejumlah uang kepada sejumlah orang yang berada di lapisan piramida teratas.
Setiap anggota baru membeli peluang untuk naik ke lapisan teratas dan mendapat keuntungan dari orang lain yang bergabung kemudian.
Sebagai contoh : anda membayar Rp.5 Juta untuk membeli tempat di sistem piramida terbawah ,uang anda senilai Rp.2,5 Juta akan pindah ke orang di lapisan atas sistem piramida anda dan sisa Rp.2,5 Juta akan beralih ke puncak piramida (pihak penyelenggara).
Nah, jika anda tidak merekrut lagi maka anda akan kehilangan uang senilai Rp.5 Juta, inti dari piramida adalah rekrutmen.
Dalam MLM palsu berbentuk piramida seseorang hanya bisa kaya bila banyak teman dan kaya hanya sementara.

2.Money Games
Berbeda dengan sistem piramida ,dalam sistem money games tidak ada rekrut merekrut yang merupakan ciri khas dari sistem piramida.
Dalam sistem ini ,seseorang akan mendapatkan profit atau laba setelah waktu tertentu.
Uang anda akan berlipat ganda setelah invest disini. Permasalahannya adalah penggandaan uang dan pemberian bunga yang tidak wajar. Contoh kongkritnya yang pernah ada di Indonesia adalah Probest, BMA ,Promail ,IBIST.
Diluar negeri ,money games sering disebut HYIP (High Yield Investment Program).
Dan berani memastikan 99,99% HYIP adalah money games ,entah itu HYIP reguler maupun HYIP private (yang mengaku-ngaku private).
Sistem money games ini memberikan iming-iming bunga atau profit yang sangat tinggi bila anda mau mengucurkan dana anda ke penyelenggara ponzy tersebut. Contoh QSAR menjanjikan bunga 10% perbulan, sedangkan bunga bank rata-rata 10% pertahun.
Mereka menjanjikan pembagian profit fixed 10% tiap bulan atau 120% pertahun.
Di HYIP malah gila lagi ,anda dijanjikan bunga 5-150% perharinya. Bahkan ada yang berani memberikan bunga 200% perharinya. Tetapi kenyataannya bunga yang dijanjikan tidak akan pernah di bayar, hanya orang-orang yang mendaftarkan paling awal saja yang akan untung.
Anda bisa melihat contoh money games dengan mengunjungi situs: goldpoll.com , HYIPmonitor.com, worldHYIP.com, dll.
Fakta yang ditemukan adalah 99,9% pemain ponzy ini pastu rugi, yang kaya pastilah segelintir orang saja.

3. Binary
Sering orang pada umumnya mengatakan sistem ini adalah sistem MLM Binary, sebenarnya kedua hal tersebut sangat berbeda sekali, tentunya kita bisa menilai sendiri bentuk sistem binary seperti apa ,sistem binary punya aturan tersendiri ,maka tidak bisa dikatakan bisnis ,dalam sistem binary hanya ada dua downline yang ada tepat di bawah upline, dalam bisnis manapun tidak ada aturan dibatasi mencari pelanggan langsungnya, masak iya bisnis punya pelanggan langsung cuma dua, bisa di bilang sistem binary ini "bisnis aneh".
Nenek moyang sistem binary adalah sistem piramida, dimana hanya boleh memiliki dua pelanggan langsung, dan penghasilan utamanya adalah dari merekrut, penghasilan dibatasi, walaupun bisa mendapatkan penghasilan lebih kita harus mendaftar beberapa kali atau lebih dari satu kali , istilahnya memiliki lebih dari satu hak usaha, dikenalkan seperti arisan berantai.
Akhir-akhir ini para penikmat binary sudah mulai sadar kalau bisnisnya aneh ,maka dimodifikasi dengan adanya keseimbangan (cikal bakal binary), dimana untuk mendapatkan bonus di bagi 2 group ,kanan dan kiri.
Dirasa menyulitkan dan kurang menarik ,dimodifikasi lagi dengan adanya bonus berpasangan ,supaya terkesan saling tolong menolong ,tidak puas membuat membernya menjadi biro jodoh (sistem berpasang-pasangan), dimodifikasi lagi adanya pembaruan sistem dengan rekrut dua saja ,karena sistem ini menganut paham kekuatan sistem bukan kekuatan pelanggan maka dimodifikasi lagi bahwa binary sekarang diperhitungkan omset ,tapi tetap saja fokus utama sistem ini tidak berubah yaitu NO REKRUT=NO BONUS.
Akhir-akhir ini sistem binary kembali lagi diperbarui agar lebih menarik denga menawarkan BONUS DI BAYAR HARIAN, BELANJA ULANG OTOMATIS , SEBAGAINYA , SEBAGAINYA DAN SEBAGAINYA, Sekilas terlihat menarik dan seolah bisa membuat cepat kaya, tapi mari sama-sama kita perhatikan semisalnya tidak ada terjadi perekrutan member baru atau pertumbuhan jaringan di group kiri dan kanan member dalam sistem binary ini tidak akan memperoleh penghasilan, maka saya sebut hakikat sistem ini "NO REKRUT=NO BONUS".
Dari sistem seperti itu dapat disimpulkan sistem binary bukanlah bisnis, melainkan bentuk permainan.
Sekarang coba kita sama-sama mengkaji ,asumsi kita adalah owner dari Carefour ,kalau misalnya bisnis itu hanya cari dua orang saja pelanggan langsung atau di batasi mencari pelanggan langsung.
Data jumlah penduduk jakarta adalah +/- 8.524.022 ,kalau bisnis hanya cukup mencari dua pelanggan langsung saja ,dua orang cari dua orang lagi dan begitu terus menerus ,maka pemilik Carefour akan kehabisan pelanggan pada ke 23, karena pada bulan ke 23 itu sudah ada 8,3 Juta dan itu hanya perhitungan kasar dan tidak diperhitungkan eksponensialnya, Carefour jakarta akan tutup di bulan di bulan ke 23 karena tidak ada pelanggan lagi.
Oleh sebab itu bisnis yang menggunakan sistem binary ini tidak akan bertahan lama, karena tidak ada reapet order atau belanja ulang, walaupun sekarang ini sistem binary sudah menggunakan konsep belanja ulang otomatis, perlu kita ketahui bahwa nilai belanja ulang itu di potong dari bonus merekrut dan bonus perekrutan downline kita ,jika tidak ada lagi perekrutan ,otomatis tidak akan ada lagi belanja ulang otomatis itu, dan katakan "Cukup Sampai Disini Bisnisku".
Banyak konsultan ekonomi menganjurkan untuk tidak memilih sistem binary , bahkan APLI sendiri sebagai Polisinya Direct Selling atau MLM benar-benar mengusahakan bagaiman caranya agar tidak ada lagi sistem binary yang terdaftar di indonesia.
Diluar negeri sistem seperti ini sudah mulai di haramkan ,sedangkan di Indonesia belum ada yang mengkaji.

MLM Tidak Murni :
1. Hanya menguntungkan orang-orang yang pertama sekali bergabung dalam jaringan usaha.
2. Keuntungan diperoleh dari banyaknya orang yang direkrut.
3. Seorang distributor dapat mendaftar berkali-kali, dengan nama yang sama (kemudian biasa disebut
    kavling) atau memiliki lebih dari satu hak usaha.
4. Biaya pendaftarannya mahal dan biasanya dibarengi dengan pembelian produk.
5. Keuntungan anggota dihitung dengan format dan bonus yang telah ditentukan besarnya.

Demikian yang dapat saya berbagi, mudah-mudahan bermanfaat.