Laman

Natal Teeth

GIGI NATAL DAN GIGI NEONATAL



Definisi

Gigi natal adalah gigi yang sudah tumbuh sejak bayi lahir. Sedangkan gigi neonatal adalah gigi yang tumbuh dalam 30 hari pertama sejak bayi lahir. Gigi-gigi tersebut biasanya adalah gigi susu yang tumbuh lebih cepat dari waktunya.


Penyebab
Kasus natal teeth sebenarnya jarang tejadi dan biasanya merupakan kelainan yang tidak berkaitan dengan penyakit lain. Tapi kelainan ini juga bisa merupakan bagian dari sindroma tertentu, yaitu penyakit yang memiliki berbagai macam gejala, misalnya Ellis-van Creveld syndrome, Hallermann-Streiff syndrome, Pierre Robin syndrome, atau Soto's syndrome.

Gejala

Terlihat gigi yang sudah tumbuh sejak bayi lahir. Gigi natal biasanya tumbuh pada rahang bawah depan, yaitu di tempat gigi seri rahang bawah akan tumbuh. Biasanya gigi tersebut goyang karena karena akarnya belum terbentuk dengan sempurna dan hanya berpegang pada tepi gusi. Karena posisinya, gigi natal dapat menyebabkan masalah dalam pemberian ASI karena gigi ini dapat menyebabkan luka pada ibu saat menyusui dan juga luka pada lidah bayi. Selain itu juga terdapat resiko bagi gigi ini tertelan dan menyebabkan gangguan pernafasan.

Perawatan

Perawatan untuk kasus ini adalah pencabutan gigi natal tersebut, mengingat resiko dapat tertelannya gigi tersebut sehingga menyebabkan gangguan pernafasan bayi. Segera lakukan konsultasi dengan dokter gigi Anda bila bayi Anda memiliki kelainan ini.