Laman

Penyebab Radang Usus Buntu


Penyebab Radang Usus Buntu





Dulu kita sering diingatkan orang tua kita jangan telan biji jambu, nanti usus buntu...!!

Penulis pernah diskusi dengan temannya yang seorang dokter. Dokter itu menerangkan bahwa dia sudah ribuan kali mengoperasi orang yang kena sakit usus buntu. Selama dia operasi usus buntu, belum pernah dia menemukan di dalam usus buntu itu yang namanya biji jambu, biji cabe, apalagi biji durian ..

Dokter itu menerangkan pula, bahwa sakit usus buntu terjadi karena kita KURANG MINUM AIR ! Bukan karena makan biji-bijian.

As simple as that ?? Ya, karena kurang minum air, bisa berakibat frekuensi BAB (Buang Air Besar) juga berkurang. Frekuensi BAB berkurang, sementara makanan yang kita makan sudah jadi sampah, yang siap dibuang, mampet di usus besar. Akhirnya kotoran tsb naik, dan masuk ke usus buntu. Karena sudah berupa kotoran, membusuk, jadilah infeksi. Infeksi terjadi, kadar darah putih naik (karena ada infeksi), makanya kalau ada gejala USBUN, waktu dicek darah, kadar lecocyt pasti naik dengan tajam.
Jadi, kalau mau terhindar dari usus buntu : Banyak lah minum air!! Kotoran didalam usus buntu akan keluar di 'flushing' oleh air putih.

Sekedar tips untuk mengetahui apakah anda kurang minum atau tidak adalah dengan melihat warna urine (air kencing) anda :

Warna bening : Anda dalam keadaan baik, Anda cukup minum !
Warna kuning muda : Anda masih Ok, tapi minum lagi.
Warna kuning agak Tua : Anda kekurangan air !
Warna kuning tua sekali : Anda dalam keadaan bahaya !!!

Kita bisa tahu kita kurang minum dari warna air seni kita.


Perbanyaklah minum air putih dan sesering mungkin !